Pembuatan Ramuan Tanaman Kumis Kucing Untuk Batu Ginjal

Kebanyakan orang sekarang telah mempercayai bahwa pengobatan herbal lebih efektif dalam menyembuhkan penyakit dibandingkan dengan pengobatan lainnya contohnya seperti operasi. Pengobatan herbal untuk mengobati penyakit disini kami rekomendasikan dengan tanaman kumic kucing, namun masih banyak orang yang masih belum mengetahui tentang proses pembuatan ramuan tanaman kumis kucing untuk obat batu ginjal. Namun apakah kalian sudah memahami dan mengetahui tentang manfaat dari tanaman kumis kucing?.

Apa itu tanaman kumis kucing ?

obat-batu-ginjal

Kumis kucing yang memiliki nama lain Orthosiphon Aristatus adalah salah satu tanaman herbal asli tumbuh di negara Indonesia yang termasuk kedalam kategori tanaman keluarga Lamiaceae. Tanaman kumis kucing telah masuk kedalam kategori tanaman herbal dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kebanyakan orang tanaman ini dijadikan sebagai bahan pengobatan atau terapi. Sudah sejak lama tanaman kumis kucing diyakini mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit salah satunya seperti penyakit batu ginjal.

Ada juga mereka yang menjadikan tanaman kumis kucing ini sebagai tanaman hias. Bagian tanaman kumis kucing yang dijadikan sebagai bahan terapi dalam berbagai pengobatan adalah daunnya. Daun kumis kucing memiliki kandungan kalium dan glikosida orthosiponin, dimana kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat tanaman kumis kucing

Masyarakat lebih sering menggunakan tanaman kumis kucing untuk dijadikan sebagai bahan terapi pengobatan herbal. Jenis daun yang dipakai bisa masih basah ada juga yang sudah dikeringkan, tergantung bagaimana resep yang direkomendasikan oleh ahli pengobatan tradisional. Di negara Indonesia daun kumis kucing bermanfaat untuk peluruh air kemih, dan dijadikan untuk bahan pengobatan rematik oleh pendduk india di perkampungan. Selain itu kegunaan tanaman kumis kucing juga bisa dijadikan sebagai obat batuk, masuk angin, encok dan konstipasi.

Bagian daun kumis kucing bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan batu ginjal, radang ginjal, spilis, kencing manis, rematik, albuminuria, dan penurun kadar gula darah tinggi. Penggunaan luar kini juga telah memanfaatkan sifat antibakterinya, contohnya untuk menghilangkan rasa gatal akibat alergi. Keampuhan tanaman kumis kucing sebagai bahan pengobatan ini tidak lepas dari kandungan senyawanya seperti kandungan zat samak, glikosida orthisiponin, saponin, mineral seperti mionositol, kalium, sapofonin, dan sinensetin. Dengan banyaknya kandungan dari tanaman kumis kucing ini telah membuat masyarakat tidak ragu lagi dalam mengonsumsi tanaman ini sebagai obat penyakit salah satunya untuk penyakit batu ginjal.

Seluruh bagian dari tanaman ini, daun dan tangkainya  yang merupakan bagian yang paling sering dijadikan sebagai ramuan herbal, Untuk lebih jelasnya disini kami akan memberikan cara pembuatan ramuan dari tanaman kumis kucing untuk obat batu ginjal. Sediakan tangkai dan daun kumis kucing sebanyak 30 gram, lalu tambahkan daun meniran dan commelia communis masing-masing juga sebanyak 30 gram, ketiga bahan tersebut kemudian direbus sampai mendidih. Apabila sudah matang diamkan sampai benar-benar dingin, dan jadilah ramuan tanaman kumis kucing untuk obat batu ginjal lalu minum secara teratur.

Itulah manfaat dan cara pembuatan ramuan tanaman kumis kucing untuk dijadikan sebagai bahan obat batu ginjal, semoga artikel yang kami tulis ini bisa bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang tanaman kumis kucing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *