Sering Kurang Tidur Akan Menurunkan Fungsi Ginjal

Kurang tidur penyebab ginjal lemah

Kurang tidur baik dalam hal jumlah ataupun kualitas diketahui dapat membahayakan organ jantung dan memicu tekanan darah tinggi serta beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan aliran darah lainnya. Namun ternyata masalah pada kurang tidur lebih rumit dari pada itu. Seorang pakar ilmuan masalah tidur menyebutkan bahwa, orang yang hanya tidur 5 jam dalam sehari semalam, maka, akan berisiko mengalami gagal ginjal sampai 65%. Lama tidur ideal yang seharusnya dipenuhi orang dewasa adalah selama 8 jam dalam satu hari satu malam.

Satu dari ketiga orang mengalami masalah kurang tidur dengan penggunaan komputer, stres, dan jam kerja yang berkepanjangan jadi kambing hitam :).

Studi dari Negara AS (Amerika Serikat) menunjukan betapa tidur yang cukup besar pengaruhnya pada kesehatan secara keseluruhan.

Para ahli di Brigman dan Women’s Hospital di Boston, Massachusetts, meneliti kurang lebih 4.000 orang selama satu dekade. Mereka menekukan bahwa mereka yang hanya tidur kurang dari lima jam, 65% pasti akan mengalami penurunan fungsi ginjal dibandingkan dengan mereka yang tidur selama tujuh sampai delapan jam dalam 24 jam.

Kurang tidur juga dapat mengurangi angka harapan hidup. Sayangnya hubungan antara kekurangan tidur dan penyakit ginjal ini masih belum jelas. Hanya saja telah diketahui bahwa ginjal punya fungsi menyaring produksi sisa dari aliran darah sebelum dialirkan menjadi urin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *