Kenali Penyakit Batu Ginjal yang Diderita Lionel Messi

kenali penyakit ginjal yang di derita messi

Akhir tahun kemarin pecinta sepak bola telah dikejutkan dengan kabar yang tidak mengenakan tentang salah satu pemain inti dari Club Barcelona, yaitu Lionel Messi yang kini telah menderita kolik atau nyeri akibat penyakit batu ginjal. Keterkejutan ini bukannya tidak beralasan. Selama ini kita menganggap bahwa atlit merupakan sosok yang terhindar dari serangan penyakit. Namun nyatanya, tidak selalu demikian.

Menurut Mayo Clinic, batu ginjal merupakan material keras serupa batu yang terbentuk di dalam ginjal. Organ ginjal memiliki fungsi untuk menyaring racun dan kotoran yang masuk ke dalam tubuh kita. Di antaranya kotoran-kotoran yang di sisipkan itu, ada yang kemudian mengendap hingga menjadi kristal atau juga menjadi batu, Di dalam dunia medis, batu ginjal dikelompokan menjadi empat jenis yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu sistein, dan batu struvit.

1. Batu kalsium

Batu kalsium ini merupakan jenis batu ginjal yang paling sering terjadi. Batu kalsium yang paling sering ditemukan adalah batu kalsium oksalat. Makanan yang memiliki kandungan lebih dari 10 mg kalsium oksalat per 99,2 gram sajian, dikategorikan sebagai makanan tinggi akan kandungan oksalat. Contohnya adalah bir, kopi instan, cokelat, selai kacang, kedelai, wijen, talas, bayam dan produk gandum. Apabila asupak kalsium oksalat lebih tinggi dari yang bisa disaring olah organ ginjal, perlahan namun pasti akan membentuk ginjal kalsium.

2. Batu asam urat

Terlalu banyak asam urat di dalam urin dan bisa menjadi pemicu untuk muculnya batu asam urat di dalam ginjal. Umumnya, batu asam urat diderita oleh mereka yang menderita asam urat tinggi, sering dehidrasi dan pada beberapa orang yang menjalani kemoterapi. Batu asam urat ini lebih sering di derita oleh laki-laki ketimbang perempuan.

Asam urat merupakan salah satu hasil dari metabolisme zat purin di dalam tubuh. Secara alami, tubuh kita dapat memproduksi purin. Purin juga banyak terdapat pada berbagai jenis makanan seperti daging merah, ikan sarden dan makarel, jeroan, kepiting, ragi, sawi, kacang polong, kacang panjang, dan kol.

3. Batu sistein

Sistein merupakan asam amino pembentuk saraf dan otot. Bagi ginjal  yang satu ini lebih banyak di derita oleh orang yang menderita kelainan sistinuria atau masalah transportasi sistin di ginjal. Karena kelainan seperti ini, kadar sistin dalam urin menjadi tinggi dan perlahan mengendap dan membentuk batu. Sistein banyak terdapat pada daging sapi, kambing dan domba, biji bunga matahari, kedelai dan keju.

4. Batu struvit

Batu struvit dapat muncul sebagai reaksi dari infeksi di dalam tubuh, misalnya infeksi saluran kemih. Oleh karena itu, batu struvit sering juga disebut sebagai batu infeksi. Struvit merupakan senyawa aminium magnesium fosfat. Batu infeksi ini dapat tumbuh besar dari jenis batu ginjal lainnya dan akhirnya dapat mengganggu ginjal dan kandung kemih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *