Manfaat Daun Tempuyung Untuk Obat Batu Ginjal

Manfaat Daun Tempuyung | Tanaman tempuyung merupakan tanaman yang biasa di tanam untuk penghias perkarangan rumah karena dengan bentuk daun dan bunganya yang unik. Namun kegunaan dari tanaman ini tidak hanya itu saja, ternyata daun tanaman tempuyung ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan salah satunya adalah untuk dijadikan sebagai obat batu ginjal.

Tanaman tempuyung termasuk dalam family tanaman compositae. Daunnya berwarna hijau agak keunguan, pinggirnya bergelombbang tidak teratur dan bergerigi. Daun tempuyung inilah yang dipercayai memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. Diantaranya untuk menurunkan demam, meluruhkan kencing, menurunkan tekanan darah tinggi dan menghancurkan batu ginjal.

Daun tempuyung ini memiliki rasa yang sangat pahit namun memiliki efek mendinginkan. Sebenarnya semua tanaman ini dapat dimanfaatkan, namun yang paling sering untuk dijadikan bahan pengobatan adalah daunnya.

Manfaat daun tempuyung

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Hancurkan Batu Ginjal

Daun tempuyung ini memiliki manfaat untuk dijadikan obat herbal dikarenakan kandungan senyawa yang dimilikinya. Dari beberapa diantaranya ialah saponin, flavonoid, polifenol, alfa-lactucerol, manitol, beta -lactucerol, inositol, kalium, silika, dan taraksasterol.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Sarjito dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini setuju bahwa manfaat dari daun tempuyung ini sebagai obat batu ginjal. Beliau meredam beberapa batu ginjal yang sudah dikeluarkan dalam air rebusan daun tempuyung pada suhu .0-35 derajat celcius.

Dalam percobaan ini, sebagian rendaman batu ginjal digoyangkan menyerupai gerakan dalam tubuh, dan sebagiannya lagi didiamkan. Setelah itu, batu ginjal ditimbang dan kandungan kalsium dalamnya diukur secara kimiawi. dan Hasilnya pun memuaskan, dikarenakan seluruh batu ginjal percobaan berkurang beratnya.

Ia juga meneliti kemampuan dari daun tempuyung ini dalam meluruhkan batu ginjal dengan menggunakan sinar rontgen dan memeriksa kristal dalam air seni. dah Hasilnya pun sama-sama memuaskan, daun tempuyung ini mampu menghancurkan batu ginjal di dalam tubuh kita. Dan dari jasil penelitian lainnya yang di dapat bahwa kandungan kalium ini dalam daun tempuyung yang sangat memiliki peran penting dalam peluru batu ginjal.

Daun tempuyung memang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium ini mampu mengurangi kalsium karbonat dengan cara menggabungkan diri bersama senyawa karbonat, atau keristal urat yang merupakan komponen batu ginjal. Hal ini menyebabkan endapan batu ginjal akhirnya akan terpecah dan mudah untuk larut bersama dengan urin.

Sama seperti obat herbal lainnya, manfaat dari daun tempuyung ini baru bisa dirasakan khasiatnya apabila seseorang rutin untuk mengonsumsinya. Air rebusan daun tempuyung ini biasanya diminum 3X dalam sehari secara rutin sampai batu ginjal anda berkerang bahkan hilang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *